Ads (728x90)

Asy-Syeikh Muhammad Mahdi Akif (12 Juli 1928 – 22 September 2017)

[PORTAL-ISLAM.ID] CAIRO - Mantan Pemimpin Ikhwanul Muslimin Muhammad Mahdi Akef (محمد مهدي عاكف), yang dipenjara rezim kudeta As-Sisi, meninggal pada hari Jumat (22/9/2017) ketika dirawat di sebuah rumah sakit di Kairo dalam usia 89 tahun.

Putrinya, Aliya Mahdi Akef membuat pengumuman di Facebook, mengatakan "Ayah saya dalam pertolongan Allah. Innalillahi wainna ilaihi roji'un".

Mahdi Akef ditangkap dan dipenjara semenjak tahun 2013 setelah militer yang dipimpin As-Sisi menggulingkan Presiden sah Mesir Mohamed Morsi dan memenjarakan para pemimpinnya, pendukungnya dan anggota-anggota IM lainnya.

Akef, yang lahir pada tahun 1928, memimpin Ikhwan dari tahun 2004 hingga 2010.

Di bawah kepemimpinan Akef, Ikhwanul Muslimin memenangkan 20 persen dingklik dewan perwakilan rakyat pada pemilihan legislatif tahun 2005, sebuah pencapaian bersejarah untuk gerakan yang kemudian dilarang namun ditolerir.

Kelompok ini muncul sebagai kekuatan oposisi terorganisir melawan rezim presiden Hosni Mubarak, berkampanye melawan kebrutalan polisi, korupsi dan ketidaksetaraan yang merajalela.

Mubarak alhasil digulingkan pada 2011 setelah 18 hari rakyat Mesir melaksanakan revolusi Arab Spring.

Saat pemilu demokratis digelar pasca kejatuhan Mubarak, partai bentukan IM (FJP) memenangkan pemilu dengan perolehan bunyi 47%. Kemenangan IM ini berlanjut dengan kemenangan Pilpres 2012 dimana pemimpin IM Mohammed Morsi terpilih sebagai presiden. Kemenagan yang tak lama alasannya disusul kudeta militer As-Sisi.

Akef menghabiskan lebih dari 26 tahun hidupnya di penjara, pertama kalinya dipenjara tahun 1954 pada masa Presien Gamal Abdel Nasser.

Setelah kudeta Morsi ia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup oleh rezim As-Sisi yang didukung Saudi.

Pengadilan Kasasi membatalkan putusan tersebut dan memerintahkan pengadilan baru, namun membiarkannya berada di balik jeruji besi lagi.

Syeikh Akef meninggal ketika masih dipenjara Mesir... satu-satunya penjara yang diabadikan Yang Mahakuasa dalam Al-Qur'an, dalam cerita Nabi Yusuf alaihissalam.

Kematian yang indah.. simpulan hidup dalam keistiqomahan berjihad di jalanNya.

Sang Mujahid telah pergi. Syahid di penjara As sisi la'natullah.

رحم الله الشيخ مهدي عاكف رحمة واسعة


Posting Komentar