Ads (728x90)


Saat itu, simpulan bulan Maret 2014, aku sedang berada di kota Jericho, wilayah Palestina yang diduduki Israel. Di sebuah daerah pertokoan dan pasar, aku melihat pedagang yang menjual banyak sekali gimmick dan bendera Palestina. Saya mau beli bendera dan tanya harganya.

Si penjual, seorang Palestina, bertanya kepada saya, "Muslim? where from?"

Saya jawab, "Yes i am Muslim, from Indonesia". Lalu ia pribadi menyalami aku penuh akrab.

Dia memberi aku tiga bendera lalu berkata, "Free for you brother, we know Indonesia, pray for us here!". Dia tak mau mendapatkan uang saya. Saya terharu.

Sayang kami tak sempat ngobrol lama. Dia lalu sibuk melayani pembeli yang lain dan bus aku pun sudah mau berangkat menuju Jerusalem.

Saya lupa menanyakan namanya siapa.

Setiap kali aku melihat bendera ini di ruang kerja aku di rumah, aku selalu terkenang dongeng kecil di Jericho ini ...

Oh ya, ini foto bendera yang ia jual ketika itu dan tiga diantaranya dikasih ke saya.

(Riri Satria)

Saat itu, simpulan bulan Maret 2014, aku sedang berada di kota Jericho, wilayah Palestina yang diduduki Israel. Di sebuah...
Dikirim oleh Riri Satria pada 3 Agustus 2017

Posting Komentar